Pembelajaran Model SAVI Berpendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Prida N.L. Taneo

Abstract


Kemampun Pemecahan masalah siswa menjadi tuntutan tertinggi dalam dunia pendidikan termasuk pembelajaran matematika pada semua jenjang pendidikan, siswa yang yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah dengan baik akan mampu  berhadapan dengan masalah-masalah nonrutin dan mampu menyusun langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah tersebut. Usaha peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dibentuk dari berbagai macam cara termasuk kreatifitas guru dalam merancang kegiatan pembelajaran dikelas dengan baik melalui penggunaan model dan pendekatan pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan pembelajaran model SAVI berpendekatan kontekstual; kelas dengan pembelajaran model SAVI dan kelas dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen  semu (quasi-experimental) yang didesain dalam bentuk non-equivalent (pre-test and post-test) control-group design. Penelitian tahap pertama menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan menggunakan model SAVI berpendekatan kontekstual tuntas baik individual maupun klasikal, kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas yang diajarkan model SAVI berpendekatan kontekstual lebih baik dari siswa yang diajarkan SAVI lebih baik  dari siswa dengan pembelajaran konvensional.

Full Text:

PDF

References


Hendriana, H., & Soemarmo, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematka. Bandung: Refika Aditama.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Suherman, Erman H. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Schoenfeld, A. H. 2013. “Reflections on Problem Solving Theory and Practice” TME, 10(1&2): 9-34.

Gomez-Chacon I. M. 2013. “Prospective Teachers’ Interactive Visualization and Affect in Mathematical Problem-Solving”. TME, 10(1&2): 61-68.

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran kontekstual. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Meier, D. 2003. Panduan Kreatif Dan efektif Merancang Program Pendidikan Dan Pelatihan Terjemahan Astuti Rahmani. Bandung: Kaifa.

Rusman. 2009. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Rajawali Pers.

Supinah dkk. 2008. Pembelajaran Matematika SD dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Fathurrohman, P., Suryana, A. A., & Fatriany, F. 2013. Pengembangan Pendididkan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Budi, S. W. 2004. Langkah awal menuju olimpiade matematika. Jakarta: Ricardo

Suprijono, A. 2009. Cooperative LearningTeori dan Aplikasi PAIKEM. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. 2014. Research Design Pendekatan Kualitatf, Kuantitatif dan Mixed. Terjemahan Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusumawati, S. W. & Gunansyah, G. 2013. “Penerapan model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Ketrampilan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar”. JPGSD, 1(2): 1-10.

Utama, W. A., Suniasih, N. W. & Putra, D. K. N. S. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbasis Open-Endid Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Gugus III Sukawati”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1):. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/3190/2652. (diunduh 6 Januari 2015).

Mariya, D., Mastur, Z., & Pujiastuti, E. 2013. “Keefektifan Pembelajaran SAVI Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah”. UJMME, 2(2) http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme (diunduh 11 Desember 2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JPMI Indexed by:

       Google Scholar

 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

JPMI (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Indonesia)

e-ISSN: 2477-8443

p-ISSN: 2477-5959  

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

  

 

Creative Commons License
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.