ANALISIS KELANCARAN PROSEDURAL MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN EKSPONEN KELAS X SMA NEGERI 2 SINGKAWANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelancaran prosedural matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, bentuk penelitian yang digunakan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas Xa SMA Negeri 2 Singkawang. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes essay yang disesuaikan dengan karekteristik kelancaran prosedural matematis dan telah diujikan dengan validasi isi, validasi konstruk, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjunkan kelancaran prosedural matematis siswa; (1) kelompok atas yaitu 64% dengan kategori rendah, khususnya pada indikator fleksibel yaitu 74% dengan kategori sedang, indikator efisien yaitu 78% dengan kategori sedang dan indikator efektif yaitu 41% dengan kategori sangat rendah; (2) kelompok tengah yaitu 53% dengan kategori sangat rendah, khususnya pada indikator fleksibel yaitu 90% dengan ketegori sangat tinggi, indikator efisien yaitu 36% dengan kategori sangat rendah dan pada indikator efektif yaitu 33% dengan kategori sangat rendah; (3) kelompok bawah yaitu 34% dengan kategori sangat rendah, khususnya pada indikator fleksibel yaitu 48% dengan kategori sangat rendah, indikator efisien yaitu 33% dengan kategori sangat rendah dan pada indikator efektif yaitu 22% dengan kategori sangat rendah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliyansah. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Singkawang: STIT SA Singkawang.
Aprianti, Rini. (2014). Kelancaran Prosedural Matematis Siswa dalam Materi Operasi Hitung Pecahan Aljabar Kelas VII SMP. Skripsi: Universitas Tanjungpura Pontianak.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dahar, Ratna Wilis. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.
Hamzah, Ali & Muhlisrarini. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafinda Persada.
Kilpatrick, Jeremy. Swafford, Jane. & Findell, Bradford. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. England: National Academy of Sciences.
Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rosmaiyadi. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM LEARNING CYCLE 7E BERDASARKAN GAYA BELAJAR. Jurnal Aksioma, 6(1), 12–19.
Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 20–24.
Sembiring, Suwah dkk. (2012). Matematika Kelas X. Bandung: Yrama Widya.
Silalahi, Ulber. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama
Siregar, Syofian. (2014). Statistik Parametrik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Stott, Debbie. (2013). Learning & Teaching Mathematics. Afrika Selatan: Rhodes University.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sullivan, Peter. (2011). Teaching Mathematics: Using Research-Informed Strategies. Australia: Australian Council for Educational Research.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v2i2.226
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JPMI Indexed by:
Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal
JPMI (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Indonesia)
e-ISSN: 2477-8443
p-ISSN: 2477-5959
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang
Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0342
Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622
Plagiarism Tools

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.