Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Bermuatan Karakter terhadap Keterampilan Proses Ilmiah Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Tematik

Fransiska Faberta Kencana Sari, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji ada tidaknya perbedaan keefektifan yang signifikan antara model pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning bermuatan karakter terhadap keterampilan proses ilmiah siswa kelas V dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasieksperimen dengan desain Nonequivalent  Control  Group  Design. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas VA SD N Bringin 01 sebagai  kelompok eksperimen (model Inquiry bermuatan karakter), dan 21 siswa kelas VB SD N Bringin 01 sebagai kelompok kontrol (model Discovery Learning bermuatan karakter). Variabel dalam penelitian terdiri atas model Inquiry dan Discovery Learning bermuatan karakter sebagai variabel bebas, dan keterampilan proses ilmiah sebagai variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen rubrik penilaian serta lembar observasi. Teknik analisis data hasil penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dan teknik statistik Mann Whitney.  Berdasarkan uji Mann Withney diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,034 < 0,05, maka  H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara model pembelajaran Inquiry bermuatan karakter dengan Discovery Learning bermuatan karakter terhadap keterampilan proses ilmiah siswa kelas V dalam pembelajaran tematik. Adanya perbedaan keterampilan proses ilmiah siswa yang signifikan didukung dengan perbedaan rerata kedua sampel penelitian yaitu 86,29 untuk kelompok eksperimen dengan model Inquiry bermuatan karakter dan 82,59 untuk kelompok kontrol dengan model Discovery Learning bermuatan karakter. Maknanya model pembelajaran Inquiry bermuatan karakter lebih efektif dalam memfasilitasi keterampilan proses ilmiah siswa dibandingkan model Discovery Learning bermuatan karakter.

Keywords


Inquiry; Discovery Learning; Integrasi PPK, Keterampilan Proses Ilmiah, Tematik

Full Text:

PDF

References


Sari, Fransiska Faberta Kencana. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Tematik melalui Penerapan Model Pembelajaran Role Playing. SatyaWidya 34 (1): 62-76.

Mawardi, M. (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3): 107-121.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan.

Rini, R. & Mawardi, M. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Saintifik dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Slungkep 02 Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 103-113.

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2016). Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Handayani, Bera Tri. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains melalui Model Guided Discovery Learning.JIPF:Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3):143-153.

Kemendikbud. (2017). Silabus Tematik Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suyadi. (2012). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosida Karya.

Suyanto, Asep Jihad. (2013). Menjadi guru profesional : strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Esensi.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Bandar. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integratif/KTI). Jakarta: Prenadamedia Group.

Sani, Ridwan Abdul. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. (2016). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hikmawati. (2012). Penggunaan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pesawat Sederhana Siswa Di Kelas V SD N 51 Lambari. Jurnal Publikasi Pendiidkan, 11 (1): 44-53.

Solikhah. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran inquiry dan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 10 Metro Timur. Jurnal UIN.

Anam, Rif’at Shafwatul. (2015). Efektivitas dan Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 2 (1): 80-89.

Hanifah, Ummu. Wasitohadi. (2017). Perbedaan Efektivitas Antara Penerapan Model Pembelajaran

Discovery Dan Inquiry ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mitra Pendidikan 1 (2): 92-103.

Slameto. (2015). Metodologi Pnenelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals STKIP Singkawang

JPDI(Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jpdi@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6285393531008

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.