Pembelajaran Missouri Matematika Kerja Berbasis Kontekstual: Materi Bangun Ruang Limas di Sekolah Dasar

Mariyam Mariyam, Ahmad Yani T, Rosmaiyadi Rosmaiyadi, Nindy Citroresmi P, Rika Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran pembelajaran Missouri Matematika Kerja terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Pre-eksperimental design. Rancangan yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Teknik dan alat pengumpul data untuk ketuntasan menggunakan teknik pengukuran dengan alat berupa Post-Test dan Delayed test, pengamatan aktivitas menggunakan teknik observasi langsung dengan alat berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, dan teknik komunikasi tak langsung yang berupa penyebaran angket respon siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh model pembelajaran Missouri Matematika Kerja efektif digunakan terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar dengan kriteria  (1) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Missouri Matematika Kerja (MMK) berbasis Kontekstual memberikan rata-rata rekapitulasi untuk persentase sebaran siswa berprilaku aktif sebesar 86,20% (hampir seluruhnya) dan  rata-rata rekapitulasi untuk persentase sebaran berprilaku pasif sebesar 13,80% (sebagian Kecil); (2) Ketuntasan hasil belajar siswa berdasarkan hasil Post-Test dan Delayed Test mencapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan Post-Test terdapat 27 orang siswa tuntas atau sebesar 87,07% dan berdasarkan delayed  test terdapat 25 orang siswa tuntas atau sebesar 80,65% dari 31 orang yang mengikuti tes hasil belajar. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji proporsi satu sampel yaitu uji Z, pada Post-Test diperoleh Zhitung  > Ztabel yaitu ( 3,03 > 2,33) dan pada Delayed Test diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu (2,36 > 2,33); (3) Respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif dengan persentase tingkat kesetujuan terhadap pernyataan positif sebesar 85,16% (Sangat Setuju).


Keywords


MMK Berbasis Kontekstual; Bangun Ruang Limas; Hasil Belajar; Ketuntasan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Rosmaiyadi, R. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Learning Cycle 7e Berdasarkan Gaya Belajar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 12-19.

Sahidin, L., & Jamil, D. (2013). Pengaruh Motivasi berprestasi dan Persepsi Siswa tentang Cara Guru mengajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 212-222.

Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-ended dan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241-257.

Widdiharto, R. (2010). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Disampaikan pada Diklat Instruktur/Pengembangan Matematika SMP jenjang Dasar tahun 2004.

Krismanto. (2003). Beberapa Teknik, Model dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika . Disampaikan pada Pelatihan Instruktur/Pengembangan SMU tahun 2003.

Rosmaiyadi, R., Mariyam, M., & Juliyanti, J. (2018). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Strategi Pembelajaran Group To Gruop Exchange Berpendekatan Kontekstual. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1).

Hardiyanti, S., Maulana, M., & Julia, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Jarimatika Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Keterampilan Berhitung Siswa Pada Materi Perkalian. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 881-890.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung; Alfabeta.

Mantili, Elvira DS. (2010). Implikasi Pendekatan STM Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Pencemaran Air di Kelas VII SMP Pertiwi Pontianak.Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Kurniasari, V. H. D., & Susanto, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Menggambar Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Dan Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas X Sma Negeri Balung Semester Ganjil Tahun. Pancaran Pendidikan, 4(2), 153-162.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v3i2.808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals STKIP Singkawang

JPDI(Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jpdi@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6285393531008

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6285310307312

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.