Pengaruh Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar

Evinna Cinda Hendriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis hal-hal yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar baik secara parsial maupun secara simultan. Dalam penelitian ini ditetapkan satu hal yang diduga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di Sekolah Dasar adalah Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory survey. Populasi penelitian ini sebesar 50 siswa dan sampelnya merupakan seluruh peserta didik kelas III dan kelas V Sekolah Dasar Negeri 7 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas hasil uji coba instrument dilakukan dengan analisis faktor. Hasil analisis deskriptif menggambarkan bahwa data hasil belajar peserta didik terbesar ada pada kategori baik (92%) dan data keterampilan guru dalam mengelola kelas terbesar ada pada kategori baik (85,05%). Hasil analisis regresi ganda menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap  hasil belajar peserta didik.


Keywords


Keterampilan mengelola Kelas; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Syahwani Umar dan Syambasri. (2011). Buku Ajar Program Pengalaman Lapangan (Micro Teaching). Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.

Maman Rachman. (1999). Manajemen Kelas. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary School Teacher Development Project) IBRD: 3496-Ind

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Asep Jihad dan Abdul Haris. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Mulit Presindo.

Dimyati & Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nana Sudjana. (2010). Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v3i2.780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals STKIP Singkawang

JPDI(Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jpdi@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6285393531008

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6285310307312

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.