Penggunaan Media Bungnge Tallo’ untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Bilangan Kubik

Arnold Jacobus

Abstract


Salah satu masalah yang dialami siswa kelas VI SDNegeri 90 Singkawang dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya pemahaman terhadap konsepmatematika, sehingga nilaisiswa selalu rendah. Penyebabnya adalah pembelajaran yang dilakukan guru dalam menyampaikan konsep matematikatidak menyenangkan bagi siswa. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut, guru menerapkan pembelajaran matematika dengan media pembelajaranBungnge Tallo’APATI. Dengan media pembelajaranBungnge Tallo’ APATI pada pembelajaran bilangan kubik, siswa dapat termotivasi dalam pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Penelitian dilakukan melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari prasiklus dengan nilai rata-rata 45 meningkat 64 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 89 pada siklus II, dengan ketuntasan minimal 100%.

Keywords


Matematika; Bungnge Tallo’ APATI; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Smaldino, Lowther, & Russell,. 2014. Instructional Technology and Media for Media Learning (Terjemahan Arif Rahman). New York: Pearson Education

Azhar Arsyad. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suprayekti, dkk. 2008. Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

IGAK Wardhani & Kuswaya Wihardit. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Purwoto. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika. Surakarta: Sebelas Maret University Press

] Dahar RW. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran . Jakarta: Penerbit Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v3i2.778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals STKIP Singkawang

JPDI(Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jpdi@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6285393531008

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6285310307312

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.