Analisis Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Muatan Pelajaran PPKn di Kecamatan Situbondo

Afif Amroellah, Putu Eka Suarmika, Erdi Guna Utama

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi guru dalam pembelajaran PPKn pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis isi. Penelitian ini dilkukan di Kecamatan Situbondo dengan responden sebanyak 41 guru dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian: 1) Persepsi guru tentang pembelajaran PPKn hanya memahami tentang dimensi nilai-nilai pancasila dan nilai karakter. Hal ini tidak terlepas dari penerapan kurikulum 2013 yang lebih menekankan tentang pendidikan karakter. Jadi pemahaman guru tentang PPKn adalah pembelajaran tentang nilai-nilai karakter, 2) Belum terlihat pemahaman guru tentang dimensi pengetahuan dan keterampilan kewarganegaraan. Artinya pemahaman guru tentang PPKn hanya sebatas hafalan bukan mengajarkan untuk terampil berpikir kritis, sebagai problem solving dan bagimana mengajarkan untuk menjadi warganegara yang baik.

Keywords


Persepsi guru; PPKn; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Dantes. N. (2014). Landasan Pendidikan Tinjauan Dari Dimensi Makropedagogis.Yogyakarta. Graha Ilmu.

Masrukhi. 2016. Revitalisasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pembangun Karakter Melalui Pemberdayaan Kultur Sekolah. https://www.researchgate.net.

Pirsl, E., Stimac, M. O, Bulian, A. P. 2007. The Attitudes Of Students And Teacher Toward Civic Education And Human Rights. https://www.researchgate.net/.../233729503.

Zulhernanda, Windha., 2018, Teachers’ Perceptions on Application Of 2013 Curriculum for Elementary School in Medan, Advances in Language and Literary Studies, http://dx.doi.org/10.7575/aiac.alls.v.9n.1p.62.

Haq, Manik Nur., Prantiasih, Arbaiyah dan Awaliyah, Siti., Persepsi Guru PPKN SMP Dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 Di Kabupaten Bondowoso, http://jurnal-online.um.ac.id.

Bego, Karolus Charlaes., 2016, Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Siswa Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Siswa, JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, https://media.neliti.com.

Komara, Endang. (2017). “Curriculum and Civic Education Teaching in Indonesia” in EDUCARE: International Journal for Educational Studies, Volume 10(1), August, pp.23-32. Bandung, Indonesia: Minda Masagi Press owned by ASPENSI, ISSN 1979-7877, www.mindamas-journals.com.

Kemendikbud . 2016. Permendikbud 21 Tahun 2016 tentang Standar Proses Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sutton, Melanie., 2008, Knowledge citizenship for active informed citizenship, South African Journal of Information Management, http://www.sajim.co.za.

Syvertsen, A.K., Flanagan, C.A., and Stout, M.D. (2007). Best practices in civic education: Changes in students’ civic outcomes (CIRCLE Working Paper No. 57). Medford, MA: the Center for Information and Research on Civic Learning and Engagement. Retrieved March 30, 2010, http://www.civicyouth.org/PopUps/WorkingPapers/WP57Flanagan.pdf.

Wibowo, Arif Prasetyo dan Wahono, Margi., 2017, Pendidikan Kewarganegaraan: usaha konkret untuk memperkuat multikulturalisme di Indonesia, Jurnal Civics Volume 14 Nomor 2, https://www.researchgate.net.

Kirlin, M. (2003). The role of civic skills in fostering civic engagement. (CIRCLE Working Paper No. 6). Medford, MA: the Center for Information and Research on Civic Learning and Engagement. Retrieved March 30, 2010, http://www.civicyouth.org/PopUps/WorkingPapers/WP06Kirlin.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v3i2.777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

e-ISSN : 2477-8435

p-ISSN : 2477-5940

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6281345376986

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JPDI indexed by:

 

Creative Commons License

JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.