MEDIA MUSIK DAN LAGU PADA PROSES PEMBELAJARAN

Ainoer Roffiq, Ikhwanul Qiram, Gatut Rubiono

Abstract


Suasana lingkungan belajar dalam kelas sangat penting dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Suasana lingkungan belajar ini diwujudkan dalam bentuk pengkondisian ruang kelas pembelajaran. Pengkondisian ini menyangkut kondisi fisik bangunan dan juga kenyamanan tempat duduk siswa. Kecukupan cahaya atau penerangan juga diperlukan. Selain itu, hal ini juga dapat dilakukan dengan memberikan kenyamanan tambahan yang salah satunya dapat digunakan yaitu memberikan musik. Hasil-hasil penelitian terdahulu menyatakan bahwa musik bermanfaat bagi ibu hamil dan berpengaruh terhadap janin yang dikandung. Musik dapat mempengaruhi detak jantung pendengarnya. Musik juga dapat menenangkan pikiran seseorang dan menjadi alat bantu bagi pengembangan kecerdasan manusia. Salah satu jenis musik yang banyak dipakai dalam pengkondisian suasana belajar atau suasana kerja adalah jenis musik klasik. Hasil-hasil penelitian tindakan kelas menyatakan bahwa musik berpengaruh terhadap proses pembelajaran siswa dalam kelas.


Keywords


musik; lagu; media; suasana belajar; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Angmalisang HY, 2013, Pengaruh Minat pada Lagu Bahasa Inggris Terhadap Kemahiran Mendengarkan Siswa di SMA Kristen Irene Manado, Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Sam Ratulangi, Manado

Anwar S, 2013, Pengaruh Musik Terhadap Kesehatan, Jiwa, Fungsi dan Kerja Otak Manusia, http:mahasiswa.ung.ac.id, diakses 30 Juli 2016

Ashari A, Ismet F, Darman D, 2014, Hubungan Suasana Lingkungan Belajar Dalam Kelas Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Sistem Motor Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang, Abstrak, Automotive Engineering Education Journal, Tim Pengelola e-Journal Jurusan Teknik Otomotif FT UNP

Ekayana AAG, Suharsono N, Tegeh IM, 2013, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mikrokontroler Berbasis Advance Virtual Risc (AVR) Dalam Mata Pelajaran Teknik Mikrokontroler, Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran (Volume 3 Tahun 2013)

Ferawati, Amiyakun S, 2015, Pengaruh Pemberian Terapi Musik Terhadap Penurunan Kecemasan dan Tingkat Stress Mahasiswa Semester VII Ilmu Keperawatan Dalam Menghadapi Skripsi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada Bojonegoro, JUMAKiA 1(1): 1-9

Hartiningsih S, 2015, Revitalisasi Lagu Dolanan Anak Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, Atavisme 18(2): 247—259

Kurniawati LD, Ghozali I, Wartiningsih A, 2013, Pengaruh Musik Klasik Karya WA Mozart Terhadap Kecerdasan Emosional Kelas 5 SDN 06 Pontianak, Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik FKIP Untan

Marchita Y, 2013, Hubungan Minat pada Musik dengan Motivasi Belajar Mahasiswa, http:yulitamarchita.blogspot.co.id, diakses 30 Juli 2016

Mubarok S, 2013, Pengaruh Musik Klasik pada Janin Dalam Kandungan, http://www.keperawatanprofesionalislami.blogspot.com, diakses 30 Juli 2016

Prajnamita, 2010, Pengaruh Musik Terhadap Kecerdasan Otak, http:prajnamitamanindhya.blogspot.co.id, diakses 30 Juli 2016

Puspitasari DB, 2012, Hubungan Antara Persepsi Terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak, Jurnal Empathy 1(1): 59-67

Putri EN, Sukartiningsih W, 2014, Pengaruh Media Musik Instrumental Terhadap Keterampilan Menulis Puisi, JPGSD 02(02): 1-11

Rismi U, 2012, Musik dan Kecerdasan, http:utarirismi140192.blogspot.co.id, diakses 30 Juli 2016

Sabil H, Winarni S, 2013, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat Dengan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team Di Kelas IX SMPN 24 Kota Jambi, Jurnal Edumatica 3(2): 53-57 Salim D, 2010, Pengaruh Musik Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas 2 SMUK 1 Salatiga, Jurnal Musik 2(1): 23-32

Sargiran, 2015, Pengaruh Media Musik Melayu Modern Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2014/2015, Artikel E-Journal, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang

Susanti DW, Rohmah FA, 2011, Efektivitas Musik Klasik Dalam Menurunkan Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Pada Siswa Kelas XI, Jurnal Humanitas VIII(2): 129-142

Trimulyani R, 2013, Peningkatan Kecerdasan Musikal Melalui Gerak dan Lagu Menggunakan Lagu Dolanan Tradisional Jawa pada Anak Kelompok Bermain B Paud ‘Aisyiyah Gantiwarno Klaten 2012/2013, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah, Surakarta

Tsuchiya N, Adolphs R. Emotion and Consciousness. Trends in Cognitive Sciences 2007;11:158–167

Wieminaty AF, 2012, Pengaruh Belajar Musik Klasik Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar pada Anak Sekolah Dasar di Studio Musik Purwacaraka Surakarta, Karya Tulis Ilmiah, Program Studi D IV Bidan Pendidik Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Wulandini IF, 2011, Pengaruh Media Ilustrasi Musik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X: Eksperimen di SMA PGRI 22 Serpong, Abstrak, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Yogasara T, Siswanto D, Fransiscus H, Catharina, 2014, Pengaruh Jenis Musik dan Aroma Terapi Terhadap Kemampuan Kognitif Mahasiswa Untuk Tiap Tipe Kepribadian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Katolik Parahyangan

Yuliana, Aliyanto A, 2012, Alat Bantu Pembelajaran Tarian, Rumah Adat dan Lagu Daerah Dengan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Mendukung Pembelajaran IPS, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012): 617-621

Yunita LS, 2014, Bentuk dan Fungsi Simbolis Tembang Dolanan Jawa, Nosi 2(5): 472-478

Yusrin MN, 2012, Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Musik Sebagai Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan (PTK di Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012), Naskah Publikasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v2i2.330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

ISSN-c:2477-5940

 

Creative Commons License
JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.