Peningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Dengan Model Cooperative Think Pair Sahre Pada Siswa Kelas XI Ipa 3 MAN Model Singkawang

Safitri Safitri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai membaca siswa. Hal ini dikarenakan minat membaca siswa yang masih rendah, dan siswa kurang memahami bahan bacaan yang mereka baca dengan baik. Penelitian ini difokuskan pada materi membaca intensif dengan model cooperative think pair share. Berdasarkan penjelasan tersebut , rumusan masalah yang terdapat pada penelitian adalah bagaimanakah perencanaan, bagaimanakah pelaksanaan,  dan bagaimanakah hasil dari kegiatan pembelajaran membaca intensif dengan model cooperative think pair share. metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk  kualitatif. penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus 1 kali pertemuan. prosedur penelitian dalam penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi hasil kegiatan pembelajaran. penerapan model pembelajaran cooperative think pair share dalam penelitian tindakan kelas dapat meningkatan proses pembelajaran membaca intensif. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan kegiatan dalam partisipasi siswa mengikuti proses pembelajaran. Perencanaan pembelajaran meningkat dari 74,74% pada siklus I menjadi 83,16% pada siklus II. Pelaksanaan pembelajaran meningkat dari 73,80% pada siklus I menjadi 82,1% pada siklus II. Hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative think pair share. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui setelah membandingkan hasil pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum adanya tindakan adalah 55,90%. Pada siklus I rata-rata nilai siswa adalah 75,3 dengan persentase ketuntasan sebesar 70,60%, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 85,3 dengan persentase ketuntasan 88,23 mencapai pada peningkatan yang diharapkan. Berdasarkan penelitian ini, disarankan guru dapat menerapkan model cooperative think pair share untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Guru juga harus memperhatikan model yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Purnama, Risma. 2014. Cooperative Learning. Pontianak: STAIN Pontianak Press.

Setiyaningsih, Ika, dkk. 2013. Pegangan Guru Bahasa Indonesia. Klaten: Intan pariwara.

Soedarso.2004.Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta:Gramedia Pustaka Umum.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: SIC.

Syafi'ie. 1996. Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tampubolon, DP.1987. Kemampuan Membaca:Teknik Membaca Efektif dan Efisien.Bandung:Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Bandung Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i1.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JP-BSI Indexed by:

       Google Scholar

 

 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

(JP-BSI) Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

 

Creative Commons License
JP-BSI (jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.