Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era MEA

Heru Susanto

Abstract


Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi bangsa Indonesia. Saat ini keberadaan bahasa Indonesia mendapat tantangan yang serius baik itu tantangan internal maupun tantangan eksternal. Bahasa Indonesia yang seharusnya harus terus dilestarikan keberadaannya sekarang ini cenderung megalami pergeseran. Sikap kurang peduli dari seluruh pengguna bahasa menjadikan bahasa Indonesia tidak mendapat kedudukan yang pantas dikalangan penggunanya. Bahasa Indonesia justru hanya sebagai perlambang dalam kegiatan-kegiatan resmi saja. Bahasa Indonesia yang baik dan benar hanya sebagai slogan saja. Bahasa Indonesia yang diplintir dengan bahasa-bahasa lain menjadikan bahasa alay yang banyak digunakan kalangan muda untuk berkomunikasi, yang justru merekalah yang seharusnya melestarikan keberadaan bahasa Indonesia tersebut. Lebih parahnya lagi bahasa alay tersebut menjadikan sebuah keharusan untuk menunjukkan eksistensi mereka atau pengakuan diri mereka. Ditambah lagi ketika memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), keberadaan bahasa Indonesia akan mendapatkan tantangan kedua dengan banyaknya arus tenaga kerja asing yang akan berkerja di Indonesia. Hal ini jelas akan mengancam keberadaan bahasa Indonesia jika kita tidak mau berbenah mulai dari sekarang. Untuk bisa memperbaiki persoalan ini para akademisi, ahli bahasa, guru pendidikan bahasa Indonesia harus dapat memberikan contoh yang positif tentang penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah. Serta memberikan pengertian mengenai kedudukan bahasa Indonesia. Selain itu pemerintah pusat sebagai pembuat kebijakan juga harus merespon dengan cepat menanggapi persoalan ini. Bila perlu mengeluarkan kebijakan yang mengharuskan penggunaan bahasa dalam setiap komunikasi di lingkungan instansi pemerintah. Salah satu upaya dalam melestarikan bahasa Indonesia yaitu dengan budaya literasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, maka dengan budaya literasi masyarakat Indonesia akan mampu mempertahankan bahasa Indonesia ditengah-tengah tantangan baru pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Full Text:

PDF

References


Sedyawati, Edi. 1993. “Bahasa Indonesia dalam Pengembangan Kebudayaan Nasional,” Makalah disajikan dalam Kongres Bahasa Indonesia VI. Jakarta, 28 Oktober-2 November 1993.

Nurhayati, Rokhmah. 2013. Pengaruh Globalisasi Terhadapa Eksistensi Bahasa Indonesia.http://sosbud.kompasiana.com/2012/09/25/pengaruh-globalisasi/terhadap-eksistensibahasa-indonesia.

Arifin, E. Zaenal dan Tasai S. Amran. 2009. Cermat Berbahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.

Suwandi, Sarwiji. 2004. “Pemantapan Peran Bahasa Kebangsaan sebagai Alat Kohesi Nasional” dalam Katharina Endriati Sukamto (Ed.) Menabur Benih Menuai Kasih, Persembahan Karya Bahasa, Sosial, dan Budaya untuk Anton M. Moeliono pada Ulang Tahunnya yang ke-75. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Ngalim, Markhamah, Harun Joko Prayitno, dan Kun Kharisma. 2015. Integrasi Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia Berbasis Teks Leksikon Promosi. Dalam Ali, A. Halim et., Mohd Azam Sulong, Mohd Hasan Abdullah, dan Ahmad Nizam Othman (Ed.), ICDETAH (International Conference on Develoment of Education, Environment, Tourism, Economics, Arts and Heritage. Universiti Sultan Idris. (Proceedings).

Harras, Kholid A. 2011. “Mengembangkan Potensi Anak melalui Program Literasi Keluarga”, Jurnal Artikulati Vol. 10 No. 1.

Kimbley, Gregory A. 1975. “Habit”. Encyclopedia Americana.

Gould, Toni S., 1991. Get Ready to Read: a Practical Guide for Teaching Young Children at Home and in School, New York : Walker Company

Bahasa Indonesia pada Era MEA” Prosiding Seminar Nasional Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berkualitas pada era MEA Universitas Muhamadiyah Surakarta. Surakarta.

Pangemanan, Anastasia. 2015. “70 Tahun Berbahasa Indonesia: ‘Merajut Kebhinekaan Menuju Bahasa Masyarakat Ekonomi ASEAN’. Makalah pada Seminar dan Lokakarya yang diselenggarakan Badan Bahasa pada 18 Agustus 2015.

Akhadiah dkk. 1991. Pembelajaran Bahasa Indonesia. (www.lentera kecil.com. tanggal 20 Juli 2016 Pukul 11.00 WIB).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i1.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JP-BSI Indexed by:

       Google Scholar

 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

(JP-BSI) Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: jpbsi@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6285654979763

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / journal@stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.