Kefektifan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kesantunan Tindak Tutur Imperatif

Mai Yuliastri Simarmata, Rini Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan bahan ajar berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan kesantunan tindak tutur imperatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripstif dengan bentuk penelitian Research and Development (R dan D). Subjek yang dipilih mahasiswa kelas C Sore dengan jumlah 33. Instrumen pengumpul data adalah tes kesantunan berbahasa, wawancara, dan observasi. Untuk menganalisis keefektifan dari bahan ajar berbasis pendidikan karakter berbahasa untuk meningkatkan kesantunan berbahasa menggunakan desain pre eksperimental:one group pretest - posttest design. Berdasarkan output Test Statistics di atas, diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima”. Artinya terdapat perbedaan antara hasil kesantunan berbahasa mahasiswa sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar berbasis pendidikan karakter berbahasa, sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis pendidikan karakter berbahasa melayu dialek Pontianak pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak.


Keywords


Bahan Ajar; Kesantunan; Tindak Tutur Imperatif; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Direktorat Ketenagaan. (2015). Perkembangan Karakter. Edisi ke Tiga, Jakarta: Balai Pustaka.

Leech, Geoffery. (1993). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: UI-Press

Lestari. (2011). Pragmatik: Analisis Wacana, dan Guru Bahasa. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Levinson, Stepen.C. (1983). Pragmatic. Cambridge: Cambridge University. Press.

Pannen, Paulina dan Purwanto. (2010.) Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Intruksional.

Sibarani. (2004). Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia. Publishing.

Tarigan, Hendry. (1985). Pragmatik, Anasilisis Wacana, dan Guru Bahasa. Palembang: Universitas Sriwiwjaya.

Yule, George. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i2.238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JP-BSI Indexed by:

       Google Scholar

 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

(JP-BSI) Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: jpbsi@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6285654979763

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.