Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari

Astalini Astalini, Dwi Agus Kurniawan, Sumaryanti Sumaryanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap serta kendala atau masalah yang dihadapi siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA Kabupaten Batanghari. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif kuantitatif menggunakan prosedur penelitian survei dengan instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Subjek dari penelitian ini yaitu 926 siswa di lima SMA Kabupaten Batanghari. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan descriptive statistic sedangkan untuk data kualitatif menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil dari 4 indikator yang didiskusikan pada penelitian ini, pada Indikator implikasi sosial terhadap fisika sebanyak 54.3 % berkategori baik. Untuk indikator adopsi dari sikap ilmiah sebesar 61.2% berkategori baik. Kemudian pada indikator kesenangan dalam belajar fisika sebesar 55.5% berkategori cukup. Sedangkan pada indikator ketertarikan berkarir dibidang fisika sebanyak 57.9% siswa berkategori cukup.


Keywords


Sikap; Sikap ilmiah; Fisika

References


Hidayatulah, A.H., Yushardi, & Sri Wahyuni. (2015). Pengembangan bahan ajar berbasis web interaktif dengan aplikasi e-learning moodle pada pokok bahasan besaran dan satuan di sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110-115.

Hartuti, P.M. (2015). Peran konsep diri, minat dan kebiasaan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar fisika. Jurnal Formatif , 5(2), 91-99.

Sultan, A.D., & Bancong, H. (2017). Pengaruh pendekatan multiple intelligences melalui model pembelajaran langsung terhadap sikap dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 11 makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 5(1), 51-60.

Rosdianto, H. (2017). Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton. JPFK (Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, 3(2), 66-69.

Rosdianto, H. (2017). Students’ Conceptual Understanding through Generative Learning Model in Topic “Light”. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(2), 259-262.

Trivedi, R., & Sharma, M.P. (2013). A study of students’ attitude towards physics practicalat senior secondary level. International Journal of Scientific and Research Publications, 3(8), 1-4.

Guido, R.M. (2013). Attitude and motivation towards learning physics. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 2(11), 2087-2094.

Putra, A., Masril, M., & Yurnetti, Y. (2018). Planning model of physics learning in senior high school to develop problem solving creativitybased on national standard of education, IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 335, 1-12. doi:10.1088/1757-899X/335/1/012073

Yance, R.D., Ramli, E., & Mufit, F. (2013). Pengaruh penerapan model project based learning (pbl) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas xi ipa sma negeri 1 batipuh kabupaten tanah datar. Pillar Of Physics Education, 1(-), 48-54.

Irwan, N., & Sani, R.A. (2015). Efek model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan teamwork skills terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 41-48.

Damanik, D.P., & Bukit, N. (2013). Analisis kemampuan berfikir kritis dan sikap ilmiah pada pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inquiry Training (IT) dan Direct Instruction (DI). Jurnal Online Pendidikan Fisika, 2(1), 16-25.

Mukhopadhyay, R. (2014). Scientific attitude–some psychometric considerations. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) OSR-JHSS, 19, 98-100.

Guido, R.M.D. (2018). Attitude And Motivation Towards Learning Physics. Arxiv Preprint Arxiv:1805.02293

Maharaj-Sharma, R., & Sharma, A. (2017). Using Ict In Secondary School Science Teaching–What Students And Teachers In Trinidad And Tobago Say?. European Journal Of Education Studies.

Esther Agunbiade, K. N. (2017). An Exploratory Study of the Relationship between Learners’ Attitudes Towards Learning Science and Characteristics of an Afterschool Science Club. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 271-281.

Manasia, L. (2015). Enjoyment Of Learning In Upper Secondary Education. An Exploratory Research. Procedia-Social And Behavioral Sciences, 180, 639-646.

Creswell, J.W. (2012). Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research— 4th ed. Boston: Edwards Brothers, Inc.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2005). Research methods In education. Routledge.

Veloo, A., Nor, R., & Khalid, R. (2015). Attitude towards physics and additional mathematics achievement towards physics achievement. International Education Studies, 8(3), 35-43.

Rosdianto, H., & Toifur, M. (2017). Implementasi Teori Distribusi Probabilitas Gaussian pada Kualitas Rangkaian Penyearah Gelombang Penuh. Spektra: Jurnal Fisika dan Aplikasinya, 2(1), 83-90.

Kaniawati, A., Samsudin, Hasopa, Y., Sutrisno, A.D., & Suhendi, E. (2016). The influence of using momentum and impulse computer simulation to senior high school students’ Concept Mastery. Journal of Physics : Conference Series739 (2016) 012060

Anisa, D.N., Masykuri, M., & Yamtinah, S. (2013). Pengaruh model pembelajaran poe (predict, observe, and explanation) dan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa pada materi asam, basa dan garam kelas VII semester 1 SMP N 1 Jaten tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2), 16-23.

Erdogan, S.C. (2017). Science teaching attitudes and scientific attitudes of pre-service teachers of gifted students. Journal of Education and Practice,8(6), 164-170.

Rosdianto, H. (2017). Penentuan Percepatan Gravitasi pada Percobaan Gerak Jatuh Bebas dengan Memanfaatkan Rangkaian Relai. Spektra: Jurnal Fisika dan Aplikasinya, 2(2), 107-112.

Supardi, U.S., Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Formatif, 2(1), 71-81.

Riwahyudin, A. (2015). Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11-23.

Hartinah, Sitti., D. S., & Setiawan, T. (2013). Leadership Teachers Attituded to Mathematical Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1).

Rosdianto, H. (2018). Rancang Bangun Alat Praktikum Gerak Jatuh Bebas dengan Stopwatch Otomatis Sederhana. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 20-23.

Kabil, O. (2015). Phylosophy In Physics Education. Procedia-Social and Behavioral Sciences 197. Doi:10.1016/7.sbspro.2015.07.057 hal 675-679.

Civelek, T., Ucar, E., & Ustunel, H. (2014). Effects of a Haptic Augmented Simulation on K-12 Students’Achievement and their Attitudes towards Physics, Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 10(6), 565-574.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v3i2.694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang

Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: jipf@journal.stkipsingkawang.ac.id

 


JIPF Indexed by:

 

Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

ISSN 2477-8451 (Online) and ISSN 2477-5959 (Print)