Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Kalor

Uray Elly Sapitri, Yudi Kurniawan, Emi Sulistri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai keterampilan berpikir kritis siswa membuat keputusan, membandingkan dan memecahkan masalah  pada materi kalor dengan diterapkan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel 20 siswa kelas X di salah satu SMA di kota Singkawang. Untuk mencapai tujuan tersebut, siswa telah mengisi pertanyaan mengenai materi kalor pada tes yang berbentuk tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yaitu pada indikator membuat keputusan dengan skor N-gain 0,37 dengan kategori sedang, indikator membandingkan dengan skor N-gain 0,39 dengan kategori sedang, indikator pemecahan masalah dengan skor N-gain 0,33 dengan kategori sedang.Hasil penelitian ini bisa menjadi referensi bagi peneliti masa depan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

References


Permendiknas No 22 tahun 2006. Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.Hake, Richard R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Dept. Of Physics Indian.

Srianty, Samad., Abdul dan Patandean, A. J. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Bungoro Melalui Model Pembelajaran Generatif. Jurnal Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar. Vol.7 No.1 : 1-12

Santrock, John W. 2014. Psikologi Pendidikan. Salemba Humanika: Jakarta.

Suryadana, Brian Aziz., Suprihati, Tjiptaning dan Astutik, Sri. 2012. Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) disertai Media Kartu Masalah Pada Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, Universitas Jember. Vol. 1 No. 3.

Rofiah, Emi., Aminah, Nonoh Siti dan Ekawati, Elvin Yusliana. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.1 No. 2: 17.

Heong, Yee Mei, et.all., 2011. The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills among Technical Education Student. International journal of Social Science and Humanity. Vol. 1. No. 2 : 1-5.

Kementrian Pendididikan dan Kebudayaan. (2014). Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v1i2.66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

JIPF Indexed by:

        

 

Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika

e-ISSN : 2477-8451 

p-ISSN : 2477-5959

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.