Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dalam Materi Usaha Dan Energi Ditinjau Dari Gender Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 1 Sungai Ambawang

Ira Nofita Sari, Masriana Masriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran model kooperatif tipe think-pair-share dalam materi usaha dan energi ditinjau dari gender siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa laki-laki dan hasil belajar siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode eksperimen dan bentuk penelitian eksperimen yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Designs dengan rancangan penelitian The One-Shot Case Study.Sampel yang digunakan ialah kelas XI IPA 1 yang diambil secara purposive sampling.. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran dengan alat pengumpul data berupa tes yang berbentuk essay. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Rata-rata hasil belajar siswa laki-laki yang diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dalam materi usaha dan energi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Ambawang mencapai KKM (72) dengan nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi 5% (0,715 > 0,05). (2) Rata-rata hasil belajar siswa perempuan yang diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dalam materi usaha dan energi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Ambawang mencapai KKM (72) dengan nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi 5% (0,185 > 0,05). (3) Terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar siswa laki-laki dengan rata-rata hasil belajar siswa perempuan yang diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dalam materi usaha dan energi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Ambawang dengan nilai signifikansi lebih besar dari taraf signifikansi 5% (0,101 > 0,05).

References


Trianto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Martono, Nanang.2010.Perbedaan Gender Dalam Prestasi Akademik Mahasiswa Unsoed. [Online] .Tersedia : http://nanang martono.blog.unsoed.ac.id/files/2010 /09/perbedaan-gender-dalam-prestasi-akademik-mahasiswa-unsoed.Pdf. [21 maret 2014].

Soleha, Siti. 2010. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Penbelajaran Think-Pair-Share pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sungai Raya.Pontianak: UNMUH (Tidak Di Publikasikan).

Sugiyono. 2012. Statistik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Fatima, Fifit. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think–Pai –Share) terhadap Hasil Belajar Siswa. Jakarta:Salemba.

Lie, Anita.2010.Coopperatif Learning-MempraktikanKooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia.

Ariyanti.2013. Penerapan Pendekatan Contexstual Teaching And Learning (CTL) dalam Materi Balok Ditinjau dari Gender pada Siswa Kelas VIII SMP Bina Utama Pontianak. Pontianak: STKIP-PGRI (Tidak di Publikasikan).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v1i2.64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

JIPF Indexed by:

        

 

Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika

e-ISSN : 2477-8451 

p-ISSN : 2477-5959

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.