Penerapan Model Learning Cycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Zat dan Wujudnya di Kelas VII

Ade Nurhajjah, Andika Kusuma Wijaya, Intan Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujan untuk mendapatkan gambaran mengenai skor rata-rata hasil belajar siswa, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap penerapan model LC 7E pada hasil belajar siswa tentang zat dan wujudnya. Bentuk desain penelitian yang digunakan pre experimental design dengan one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Torsina Singkawang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model LC 7E dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan skor N-gain sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Respon siswa terhadap model LC 7E sebesar 80% dengan kategori positif.

Keywords


Learning Cycle 7E; Hasil Belajar

References


Giancolli, D.C. (2001). Fisika Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Permendiknas No 22 tahun 2006. (2006). Tentang Standar Isi Pendidikan Dasarn dan Menengah. Jakarta

Irhamna, Rosdianto, H., & Murdani, E. (2017). Penerapan Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas VIII. Jurnal Fisika Flux, 14(1): 61-64.

Rosdianto, H. (2017). Students` Conceptual Understanding through Generative Learning Model in Topic "Light". JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(2): 259-262

Sulistri, E., & Lisdawati, L. (2017). Using Three-Tier Test to Identify the Quantity of Student that Having Misconception on Newton's Laws of Motion Concept. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(1): 4-6.

Siradjuddin, Rosdianto, H., & Sulistri, E. (2018). Penerapan Model REACT Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Arus Listrik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4(1): 17-22

Sukandi. (2003). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nadiya, Rosdianto, H., & Murdani, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(2): 49-51

Rosdianto, H., Murdani, E., & Hendra. (2017). The Implementation of POE (Predict Observe Explain) Model to Improve Student’s Concept Understanding on Newton’s Law. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1): 55–57. https://doi.org/10.22611/jpf.v6i1.6899

Rosdianto, H. (2017). Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(2): 66-69.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v3i2.579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang

Jl. STKIP, Kelurahan Naram, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Indonesia

Website: http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JIPF
Email: jipf@journal.stkipsingkawang.ac.id

 


JIPF Indexed by:

 

Copyright (c) JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika)

ISSN 2477-8451 (Online) and ISSN 2477-5959 (Print)