Identifikasi Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier-Test Pada Materi Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Putri Retno Artiawati, Riski Mulyani, Yudi Kurniawan

Abstract


Pembelajaran yang  hanya ditekankan pada konsep teoritik saja dapat menyebabkan siswa kurang dalam menguasai konsep ilmiah.  Kurangnya penguasaan konsep dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Miskonsepsi adalah kekeliruan dalam memahami konsep materi pembelajaran yang dapat menyebabkan ketidakcocokkan antara konsep yang dimiliki oleh pribadi dengan konsep ilmiah. Dengan adanya miskonsepsi yang terjadi, hal tersebut dapat menghambat siswa dalam menerima pengetahuan-pengetahuan yang baru dan dapat pula menghalangi siswa untuk mendapatkan keberhasilan dalam proses pembelajaran.Salah satu faktor lainnya yang terjadi akibat miskonsepsi adalah pengalaman yang tejadi pada kehidupan sehari-hari yang telah dialami siswa, akibat pengalaman yang dialami tersebut konsep yang dimiliki siswa belum tentu sama dengan konsep yang dimiliki oleh ilmuwan.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kuantitas siswa yang miskonsepsi pada materi Gerak Lurus Beraturan (GLB).  Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah three tier-test. Penggunaan three tier-test bertujuan untuk mengidentifikasi terjadinya miskonsepsi yang terjadi  pada siswa. Jawaban yang telah dianalisis selanjutnya akan dihitung dalam bentuk persentase. Terdapat 3 konsep distribusi atau sebaran miskonsepsi pada materi GLB yaitu; 1. Apabila kecepatan suatu benda yang bergerak konstan nilainya besar, maka percepatan benda tersebut juga besar; 2. Kecepatan bernilai negatif itu tidak ada, atau menunjukkan benda diam; 3. Semua benda yang percepatannya nol hanya dalam keadaan diam. Miskonsepsi tertinggi terdapat pada konsep no 1 yaitu apabila kecepatan suatu benda yang bergerak konstan nilainya besar, maka percepatan benda tersebut juga besar. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk mencari solusi dalam menurunkan kuantitas siswa yang miskonsepsi khususnya pada materi GLB.

References


Muliyani, Riski dan Kaniawati, Ida (2015). “Identification of Quantity Student’s Misconception on Hydrostatic Pressure With Three Tier-Test”.GlobalIlluminators Publishing. Vol 2, 2015.

Suhendi, Herni Yuniarti; Kaniawati, Ida; dan Maknun, Johar (2014). “Peningkatan Pemahaman Konsep dan Profil Miskonsepsi Siswa Berdasarkan Hasil Diagnosis Menggunakan Pembelajaran ECIRR Berbantuan Simulasi Virtual dengan Instrument Three-Tier Tes”.Prosiding Mathematic and Sciences Forum. 2014.

Pujianto, Agus; Nurjannah; dan Darmadi, I Wayan (2014). “Analisis Konsepsi Siswa pada Konsep Kinematika Gerak Lurus”. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). Vol 1 No 1, 2014.

Hamdani, (2014). “Penerapan Model ECIRR Menggunakan Kombinasi Real Laboratory dan Virtual Laboratory untuk Mereduksi Miskonsepsi Mahasiswa “. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Vol 6 No 3, 2014.

Hamdani, (2013). “Deskripsi Miskonsepsi Siswa Tentang Konsep-Konsep dalam Rangkaian Listrik”. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. Vol 4 No 1, Januari 2013.

Kurniawan, Yudi dan Suhandi, Andi (2015). “The Three-Tier Test for Identification The Quantity of Student’s Misconception on Newton’s First Law. GlobalIlluminators Publishing. Vol 2, 2015.

Kurniawan, Yudi; Suhandi, Andi dan Hasanah, Lilik. “The Influence of Implementation of Interactive Lecture Demonstrations (ILD) Conceptual Change Oriented Toward The Decreasing of The Quantity Students That Misconception on The Newton’s First Law. AIP Conference Proceedings. 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v1i1.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

JIPF Indexed by:

 

 

Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika

e-ISSN : 2477-8451 

p-ISSN : 2477-5959

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.