Penerapan Model Pembelajaran Atraktif Berbasis Multiple Intelligences Tentang Pemantulan Cahaya pada Cermin

Intan Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran atraktif berbasis multiple intelligences dalam meremediasi miskonsepsi siswa tentang pemantulan cahaya pada cermin. Pada penelitian ini digunakan bentuk pre-eksperimental design dengan rancangan one group pretest-post test design. Alat pengumpulan data berupa tes pilihan ganda dengan reasoning. Hasil validitas sebesar 4,08 dan reliabilitas 0,537. Siswa dibagi menjadi lima kelompok kecerdasan, yaitu kelompok linguistic intelligence, mathematical-logical intelligence, visual-spatial intelligence, bodily-khinestetic intelligence, dan musical intelligence. Siswa membahas konsep fisika sesuai kelompok kecerdasannya dalam bentuk pembuatan pantun-puisi, teka-teki silang, menggambar kreatif, drama, dan mengarang lirik lagu. Efektivitas penerapan model pembelajaran multiple intelligences menggunakan persamaan effect size. Ditemukan bahwa skor effect size masing-masing kelompok berkategori tinggi sebesar 5,76; 3,76; 4,60; 1,70; dan 1,34. Penerapan model pembelajaran atraktif berbasis multiple intelligences efektif dalam meremediasi miskonsepsi siswa. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan pada materi fisika dan sekolah lainnya.

References


Suparno, Paul, ”Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika”, Jakarta: Grasindo, 2005.

Nasution, Nurul Huda, “Miskonsepsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Pontianak Tentang Pemantulan Cahaya Pada Cermin”, Pontianak: FKIP UNTAN (Skripsi), 2008.

Sutrisno, Leo, “ Program Diagnostik Remediasi dalam IPA: Meta Analisis Laporan Penelitian”, Pontianak: FKIP UNTAN, 1991

Sugiharti, piping. (2005). “Penerapan Teori Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran Fisika”. [online]. Tersedia : (http://www.bpkpenabur.or.id/files/29_42pipingsugihartiPenerapan%20Teri%20Multiple%20dalam%20Pembelajaran%20Fisika.pdf,(online). Diakses 5 februari 2010.

Gardner, Howard, “Multiple Intelligences: The Theory in Practice”, New York, 2003.

Chatib, Munif, “Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligence di Indonesia”, Bandung: Kaifa, 2009

Blum, “The Remedial Effect of a Biological Learning Game”, Journal of Katu, N.1995, Workshop On Misconseption In Basic Phyclas Teaching Part II, Makalah Medan Laboratorium Ilmu-Ilmu Dasar USU, 1979.

Basuki Hardigaluh & Tomo, “Efektivitas Penyediaan Bacaan Berbentuk Refutation Text untuk Meremediasi Kesalahan Konsep Suhu dan Kalor pasa siswa SLTP di Kodya Pontianak”, Pontianak: Jurusan PMIPA FKIP UNTAN, 2002.

Herdian. (2009). “Model Pembelajaran Treffinger”. [Online]. Tersedia : (http://www.Vilila.com.model-belajar-dan-pembelajaran.html#ixzz1Ah73wERn). Diakses 29 Januari 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v1i1.52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

JIPF Indexed by:

        

 

Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika

e-ISSN : 2477-8451 

p-ISSN : 2477-5959

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.