Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep Siswa SMP

Obimita Ika Permatasari, Putut Marwoto

Abstract


Strategi Predict-Observe-Explain (POE) dikembangkan untuk mengetahui penguasaan siswa mengenai suatu konsep berbasis konstekstual. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas dan penguasaan konsep tekanan serta menguji keefektifan penerapan model POE berbasis kontekstual dibanding dengan praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain control group pre-test post-test. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa, tes untuk mengukur pemahaman konsep serta angket untuk  mengetahui respons siswa terhadap  model pembelajaran yang digunakan. Hasil analisis data diperoleh nilai aktivitas siswa sebesar 74,58 berada dalam kategori baik. Peningkatan pemahaman konsep menggunakan uji gain untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,53 dan 0,44. Selain itu, dari pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak, diperoleh thitung = 4,15 dan ttabel = 1,67 untuk pemahaman konsep. Keefektifan model pembelajaran yang digunakan adalah nilai post-test kelas eksperimen yang dibandingkan dengan KKM mata pelajaran IPA, diperoleh thitung = 6,84, ttabel = 2,03 dan mendapat respons sebesar 86,65%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran POE berbasis kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa, serta efektif digunakan di dalam pembelajaran.


Keywords


Aktivitas; Kontekstual; Pemahaman Konsep; Predict-Observe-Explain

Full Text:

PDF

References


Wasis. 2006. “Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Sains Fisika SMP”. Cakrawala Pendidikan, 25(1): 1-16.

Hamalik, O. 2009. Psikologi Belajar & Mengajar (6th ed). Bandung: PT Grasindo.

Rifa’i, A dan Catharina, T. A. 2011. Psikologi Pendidikan. Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3: UNNES.

Millar, R. 2001. Teaching and Learning Science Through Practical Work. Prosiding Outline of talk given at Nordlab-DK Seminar. Copenhagen.

Rosdianto, H., Murdani, E., dan Hendra. 2017. The Implementation of POE (Predict Observe Explain) Model to Improve Student's Concept Understanding on Newton's Law. Jurnal Pendidikan Fisika Unimed, 6(1): 55-57.

Saowapak, T., Wanrawee, C., Pintip, R., dan Duangjai, N. 2007. “Development of a Predict-Observe-Explain Strategi for Teaching Flow Injektion an Undegraduate Chemistry”. The Internasioal Journal of Learning, 17(3): 137-150.

Liang, J. C. 2011. “Using POE to Promote Young Children’s Understanding of the Properties of Air”. Asia-Pasifik Journal of Rereach in Early Childhood Education, 5(1): 45-68.

Kearney, M., Treagust, D. F., Yeo, S., dan Zadnik, M G. 2001. “Student and Teacher Perceptions of the Use of Multimedia Supported Predict–Observe–Explain Tasks to Probe Understanding”. Jurnal Researh In Science Education. 31: 589-615.

Glynn, S. M., dan Winter, L. K. 2004. “Contextual Teaching and Learning of Science in Elementary Schools”. Journal of Elementary Science Education. 16(2): 51-63.

Shamsid, I., dan Smith, B. P. 2006. “Contextual Teaching and Learning Practices in The Family and Consumer Sciences Curriculum”. Journal of Family and Consumer Sciences Education. 24(1): 14-27.

Linda, W., dan Greg A. B. 2008. “Student Success Skills: A Structured Group Intervention For School Counselors”. The Journal for Specialists in Group Work, 32(2): 190-201.

Wu, Y.T., dan Tsai, C.C. 2005. “Effects Of Constructivistoriented Instruction On Elementary School Students’ Cognitive Structures”. Jornal of Biological Education, 39(3): 113-119.

Dunne, R. dan Wragg, T. Pembelajaran Efektif. Terjemahan Jasin, A. 1996. Jakarta: PT Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v2i2.260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

JIPF Indexed by:

        

 

Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika

e-ISSN : 2477-8451 

p-ISSN : 2477-5959

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.