Identifikasi Miskonsepsi Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus

Hasan Khoiri, Andika Kusuma Wijaya, Intan Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bentuk-bentuk miskonsepsi pada buku ajar fisika SMA kelas X. Buku ajar dalam penelitian ini, yaitu: (1) Fisika untuk SMA/MA Kelas X Semester I karangan Rinawan Abadi dan Syarifah Isnaini diterbitkan tahun 2012 oleh penerbit Intan Pariwara, (2) Fisika untuk SMA/MA Kelas X Semester I karangan Supiyanto diterbitkan tahun 2007 oleh penerbit Phibeta Aneka Gama, dan (3) Fisika untuk SMA/MA Kelas X karangan Kamajaya diterbitkan tahun 2012 oleh penerbit Grafindo Media Pratama. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, pada buku ajar Intan Pariwara mengalami miskonsepsi pada aspek penjelasan konsep dengan persentase 20%, penulisan rumus dengan persentase 66,67%, penulisan simbol dengan persentase 40%, dan penyajian gambar dengan persentase 20%. Buku ajar Phibeta Aneka Gama mengalami miskonsepsi pada aspek penjelasan konsep dengan persentase 10%, penulisan rumus dengan persentase 22,22%, penulisan simbol dengan persentase 10%, dan penyajian gambar dengan persentase 20%. Buku ajar Grafindo Media Pratama mengalami miskonsepsi pada aspek penjelasan konsep dengan persentase 20%, penulisan rumus dengan persentase 44,44%, penulisan simbol dengan persentase 10%, dan tidak mengalami miskonsepsi pada aspek penyajian gambar. Pada aspek penulisan satuan, tidak terdapat miskonsepsi pada buku ajar Intan Pariwara, Phibeta Aneka Gama, dan Grafindo Media Pratama. Dari kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan, memberikan informasi kepada seluruh guru khususnya pada bidang studi fisika kelas X untuk lebih berhati-hati dalam memilih buku yang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini sebaiknya dapat dijadikan masukkan bagi penerbit dan dinas pendidikan untuk pembaruan isi dari bahan ajar pada buku tersebut.

Keywords


Miskonsepsi; Buku Ajar Fisika SMA; Kinematika Gerak Lurus

References


Moh. Ali, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 1 Ilmu Pendidikan Teoritis, Bandung: IMTIMA, 2007.

Nurul Fitrianingrum, Widha Sunarno, dan Dewanto Harjunowibowo, Analisis Miskonsepsi Gerak Melingkar pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Fisika Sma Kelas X Semester I. Jurnal Pendidikan Fisika. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2013, vol. 1.

Andi Desy Yuliana Mukti, Trustho Raharjo, dan Edy Wiyono, Identifikasi Miskonsepsi dalam Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Semester Gasal, Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. Springer, 2012, vol. 1.

P. Suparno, Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam pendidikan Fisika, Jakarta: Grasindo 2005.

E. O. Cobanoglu, Sahim, dan Sahim, B, Underlining the Problem In Biology Textbook for 10th Grades In High School Education Using the Suggestions of Practicing Teachers, Journal of Turkish Science Education. 2009, vol. 6.

Nur Khoiri, N. Hindarto, Suhaldi, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Life Skill untuk Meningkatkan Minat Kewirausahaan Siswa, Jurnal Pendidikan Indonesia. Semarang: Universitas Negeri Semarang (Unnes), 2011, vol. 7.

Agus Pujianto, Analisis Konsepsi Siswa Pada Konsep Kinematika Gerak Lurus, Jurnal pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). Tadulako: Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako, 2011, vol. 1.

Young Hough D. Freedman Roger A., Fisika Universitas edisi kesepuluh Jilid I (Terjemahan), Jakarta: Erlangga, 2002.

Douglas C. Giancoli, Fisika Edisi kelima (diterjemahkan oleh Yuhilza Hanum) (Terjemahan). Jakarta: Erlangga, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v2i2.259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

JIPF Indexed by:

 

 

Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika

e-ISSN : 2477-8451 

p-ISSN : 2477-5959

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.