Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kit Eksperimen Inkuiri Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI SMK Pada Materi Fluida Statis

Sudirman Sudirman, Johar Maknun, Lilik Hasanah

Abstract


Tujuan penelitia ini adalah untuk memperoleh gambaran penggunaan model probelem based learning untuk meningkatkan peguasaan konsep siswa SMK kelas XI pada materi fluida statis serta untuk memperoleh gambaran tanggapan siswa terhadap model problem based learning.  Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain “pretest-posttest control group design” yang dilaksanakan di kelas XI pada salah satu SMK di kabupaten Sambas untuk tahun pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal dan tes akhir untuk pengguasaan konsep siswa serta angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model problem based learning. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata N-gain penguasaan konsep siswa 0,33 untuk kelas eksperimen dan 0,206 untuk kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel independen dengan SPSS 16 menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan konsep siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan media eksperimen inkuiri lebih tinggi dibandingkan  siswa yang mengikuti pembelajaran dengan problem based learning dengan metode praktikum bebas. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan problem based learning dengan eksperimen inkuiri secara signifikan dapat lebih meningkatkan penguasaan konsep dan siswa dibandingkan dengan pembelajaran problem based learning dengan praktikum bebas.


Keywords


Model Problem Based Learning; Praktikum Inkuiri; Penguasaan Konsep; Fluida Statis

References


Fraenkell, J.R. and Wallen, N. (1993). How to design and evaluate research in education, N.Y: Mc. Graw Hill.Amir. (2010).

Amir, M. T. (2005). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar Di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.

Arends. (2008). Learning To Teach belajar untuk mengajar (seventh ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arsyad. (2007), Media Pembelajaran, Jakarta: Raja grafindo persada

Dahar, R.W. (1996), Teori-teori belaja, Jakarta: Erlangga

Haratua, Stepanus, Hairida. (2002), Penerapan Model Belajar Generatif Dalam Pembelajaran Fisika di SMU, Pontianak: FKIP UNTAN.

M. Nur. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah jilid 2, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konsrtruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka

Rosdianto, H., Murdani, E., dan Hendra. 2017. The Implementation of POE (Predict Observe Explain) Model to Improve Student's Concept Understanding on Newton's Law. Jurnal Pendidikan Fisika Unimed, 6(1): 55-57.

Rosdianto, H. 2017. Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(2): 66-69.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v2i2.232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

JIPF Indexed by:

 

 

Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika

e-ISSN : 2477-8451 

p-ISSN : 2477-5959

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.