Penerapan Model Learning Cycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aspek Menafsirkan dan Menyimpulkan Materi Kalor Kelas X SMA

Lisma Lisma, Yudi Kurniawan, Emi Sulistri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan  model Learning Cycle (LC) 7E pada materi kalor  kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk pre-eksperiment. Desain yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X salah satu SMA Negeri di Kota Singkawang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XB yang berjumlah 17 siswa dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Alat pengumpulan data berupa tes pemahaman konsep berbentuk pilihan ganda dan non tes yang berupa respon siswa terhadap penerapan model LC 7E. Nilai reliabilitas tes pilihan ganda sebesar 0,71 berada pada kategori tinggi. Peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model LC 7E pada materi kalor di kelas X mengalami  peningkatan dengan N-gain sebesar 0,78 berada pada kategori tinggi. Respon siswa terhadap penerapan model LC 7E sebesar 89% dengan kategori sangat baik.


Keywords


Learning Cycle (LC) 7E; Pemahaman Konsep; Respon; Kalor

References


Permendiknas No. 22 tahun 2006. Tentang Standar Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

BNSP. 2006. Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA/MA.

Uno, Hamzah & Koni, Satria. 2013. Assessment Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara

Rosdianto, H., Murdani, E., dan Hendra. 2017. The Implementation of POE (Predict Observe Explain) Model to Improve Student's Concept Understanding on Newton's Law. Jurnal Pendidikan Fisika Unimed, 6(1): 55-57.

Daryanto. 2013. Strategi dan Tahapan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Nurmalasari, Resky, Kade, Amiruddin, & Kamaluddin.2014. Pengaruh Model Learning Cycle Tipe 7e Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VII Smp Negeri 19 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. Vol. 1. No. 2: 1-6.

Dewi, N.P.S.R. 2012. Pengaruh Model Siklus Belajar 7E Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Siswa SMA Negeri 1 Sawan. Artikel tesis.

Nuryandi, A. & Rusdiana, D. 2016. Penerapan Dialogical Argumentation Instructional Model (Daim) Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Kemampuan Argumentasi Siswa Sma Pada Materi Listrik Statik. Jurnal




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v2i2.228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

JIPF Indexed by:

   

 

Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika

e-ISSN : 2477-8451 

p-ISSN : 2477-5959

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.