Value Based Thematics Learning

Tahmid Sabri

Abstract


Today, the ever-changing curriculum development in accordance with the power holder and the authority in issuing the policy has revamped the previous curriculum (Curriculum Unit of Education Unit) into the Curriculum 2013. This, of course, has an enormous impact on the implementation of life values in every aspect.

Keywords


Learning; Thematic; Value

Full Text:

PDF

References


Aswin, H.F. 1996. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Depdikbud.

Asy’ari, M. 1997. Pembelajaran Terpadu Antar Bidang Studi Sebagai Variasi Pengajaran di SD dengan Tema Sentral Bidang IPA. (Tesis). Bandung: PPS UPI Bandung.

Blanchard, A. 2001. Contextual Teaching and Learning/Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 7, No. 1, 2006: 50-60.

Depdikbud. 1995. Kurikulum Pendidikan Dasar/ GBPP, Kelas V Sekolah Dasar Tahun 1994. Jakarta: Dirjen DIKTI.

Diknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/ KTSP SD. Jakarta: Diknas.

Ertikanto, C. 1998. Pembelajaran Terpadu Model Integrated (Makalah). Bandung: PPS UPI Bandung.

Fogarty, R. 1991. How To Integrated The Curricula. Skylight Publishing, Inc. Palatine, Illinois.

Hopkins, D. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Second Edition Buckingham, Philadelphia: Open University Press.

Gazali, I. (2007). Ihya Ulumiddin/ Terjemahan Oleh Yakub, Ismail. Cetakan keenam. Jilid I. Singapura: Pustaka Nasional PTEKTD.

Joni, T.R. 1997. Pembelajaran Terpadu. Naskah untuk Pelatihan Guru Pamong SD, BP3GSD, DIKTI di Yogyakarta, Tanggal 4-16 Agustus 1997.

Kartadinata, S. Dan Dantes, 1997. Landasan-Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Kemdikbud. 2013. Kurikulum Tahun 2013 Untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Kemdikbud.

Djahiri, K.A.. 1996. Strategi Pengajaran Afektif Nilai Moral VCT dan Games dalam VCT. Bandung:UPI.

Muhadjir, N. 1996. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Pendidikan Kelas, Bagian Keempat: Analisis dan Refleksi. Yogyakarta: Dirjen DIKTI.

Mulyana, R. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Cetakan Pertama. Bandung: Alfabeta.

Peter, T. S.K dan Hopkins. 1995. A Thematic Approach: Theory and Practice at the Aleknagik School. Phi Delta Kappan. 76(8).633-636.

Qur’an. Terjemahan Departemen Agama Republik Indonesia.

Sabri, T. (2012). Memupuk Kemandirian Sebagai Strategi Pengembangan Kepribadian Individu Siswa Dalam Belajar. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 1(1).

Sabri, T. (2015). Peningkatan Aktivitas Peserta didik Menggunakan Metode Inquirydi Kelas IV SDNegeri 13 Muara Pawan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1).

Sabri, T. (2016). Implimentasi Pendekatan Saintifikdalam Pembelajaran Tematik Kelas III SD Negeri 13 Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3).

Sabri, T. (2017). Practical Ways Internalization Tematik by Students in Learning Through Peer Teaching in PGSD FKIP at Tanjungpura University. JETL (Journal Of Education, Teaching, and Learning), 2(1), 138-142.

Sauri, 2008.Hasil Rangkuman Matrikulasi Tentang Implikasi Nilai Pada Seorang Individu Tahun 2008 Program Doktor PU/Nilai. Bandung: UPI.

Sauri, S dan Firmansyah, H. 2010. Meretas Pendidikan Nilai. Bandung: CV Arifino Raya.

Srini., M.I. 1997. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta. BP3GSD: Deirektorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI).

Suhartono, S. 2008. Filsafat Pendidikan. Cetakan ketiga. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suyanto. 1997. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Bagian Kesatu. Yogyakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI).

Tahmid. 2013. Internalisasi Nilai-Nilai Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SD (Disertasi). Bandung:UPI.

______. 2011. Ketenangan Hati Dari Sudut Pandang Tauhid Menjadi Kunci Sukses Siswa Dalam Belajar. Jurnal Edisi April 2011. Pontianak: FKIP Untan.

Tim Pengembang PGSD. 1997. Pembelajaran Terpadu D-II PGSD dan S2 Pendidikan Dsaar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI).

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas (Online): www.hukumonline.com

Wiranata, U.S. 2010. Implementasi Kebijakan Nasional Tentang Pembangunan Karakter Bangsa. (Online): www.hukumonline.com.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v2i2.285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Journal of  Education, Teaching and Learning

e-ISSN : 2477-8478

p-ISSN : 2477-5924

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Education, Teaching and Learning is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.