Hubungan Antara Potensi Kreativitas Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2010 FKIP Unika Atma Jaya

Dominikus David Biondi Situmorang

Abstract


Potensi kreativitas adalah kemampuan yang dimiliki individu untuk menghasilkan suatu hal yang baru, orisinal, dan unik berdasarkan ciri-ciri sebagai berikut; kemampuan umum di atas rata-rata (above avarage ability), kreativitas di atas rata-rata (above average creativity), dan pengikatan diri terhadap tugas (task commitment). Motivasi berprestasi adalah usaha yang dilakukan oleh individu untuk mencapai prestasi atau suatu ukuran keunggulan tertentu, yang diukur berdasarkan ciri-ciri sebagai berikut; berani mengambil resiko secara moderat (tingkat kesulitan menengah) dalam pemilihan tugas, ketahanan atau ketekunan (persistence) dalam mengerjakan tugas, harapan terhadap umpan balik (immediate feedback), memiliki tanggung jawab pribadi, dan kemampuan dalam melakukan inovasi/kreatif (innovativeness). Tujuan penelitian yang dilakukan terhadap mahasiswa angkatan 2010 Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya adalah untuk mengetahui hubungan antara potensi kreativitas dengan motivasi berprestasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara variabel potensi kreativitas dengan motivasi berprestasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensi kreativitas dan motivasi berprestasi dalam menjalankan studi di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dan kepada program studi BK agar memberikan pembinaan peningkatan potensi kreativitas dan motivasi berprestasi kepada para mahasiswa sebagai calon guru BK dan konselor.

Full Text:

PDF

References


Munandar, S. C. U. 1999. Kreativitas dan keberbakatan (Strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Puspasari, D. D. Hubungan antara Kreativitas dan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Masa Remaja Awal. Jurnal Psiko-Edukasi. Vol. 4 No. 2, 123-137.

Sukadji. 2001. Pengertian motivasi berprestasi. Diunduh dari http://google.co.id/2011/10/12/pengertian-motivasi-berprestasi




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v1i1.97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed By



Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.