MODEL BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MEREDUKSI PERILAKU MENYONTEK SISWA SMP NEGERI DI KOTA SINGKAWANG

Dian Mayasari, Iip Istirahayu

Abstract


Siswa yang duduk di bangku SMP merupakan siswa yang berada pada usia remaja. Usia dimana terjadi perubahan dalam aspek biologis, psikologis, dan sosial. Dalam menghadapi perubahan yang terjadi siswa harus dapat menyesuaikan diri dengan kondisi dan lingkungan yang ada. Akan tetapi tidak semua siswa dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan dan perubahan lingkungan. Ketidakmampuan siswa dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan akan menyebabkan timbulnya perilaku bermasalah. Perilaku bermasalah yang dilakukan siswa pada saat proses pembelajaran salah satunya adalah perilaku menyontek. Perilaku menyontek bersifat destruktif dan apabila tidak ditangani akan berdampak pada munculnya masalah dalam belajar maupun kebiasaan siswa untuk menyontek. Mengingat akibat yang akan ditimbulkan dari perilaku menyontek tersebut, membawa pemikiran bahwa perilaku menyontek perlu diatasi agar siswa tidak mengalami akibat serius dari perilaku tersebut. Salah satu usaha yang dilakukan adalah melalui bimbingan kelompok dengan teknik self control. Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan model bimbingan kelompok dengan teknik self control untuk mereduksi perilaku bermasalah siswa SMP Negeri Di Kota Singkawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri Di Kota Singkawang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, DCM, dan validasi ahli. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan prosedur kualitatif. Model bimbingan kelompok dengan teknik self control untuk mereduksi perilaku bermasalah tersusun atas 7 komponen: (1) Rasional; (2) Visi dan misi; (3) Tujuan; (4) Isi bimbingan kelompok; (5) Dukungan sistem yang teridiri dari: (a)  pengembangan program, (b) pengembangan staf, dan (c) penataan kebijakan, prosedural, dan petunjuk teknis; (6) Peran, fungsi dan kualifikasi konselor, serta (7) Tahapan bimbingan kelompok yang terdiri dari (a) tahap awal, (b) tahap peralihan, (c) tahap kegiatan, (d) tahap pengakhiran, serta (e) evaluasi dan tindak lanjut.


Keywords


Bimbingan Kelompok; Teknik Self Control; Perilaku Menyontek

Full Text:

PDF

References


Hurlock, E. B. (2004). Developmental Psychology. Jakarta: Erlangga.

McDonald, H.S., Horstmann, B.S., Nicole., Strom, K. J., Pope, M.S., & Mark W. (2009). The Impact of the Internet on Deviant Behavior and Deviant Communities. Literature Review, Institute for Homeland, Scurity Solution, Applied Reaserch, Focused Result.

Gading, I. K. (2013). Pelatihan Kendali Diri untuk Mereduksi Beberapa Perilaku Bermasalah Di Kalangan Para Siswa. Prosiding Kongres XII, Konvensi Nasional XVIII ABKIN dan Seminar Internasional Konseling 9 (pp. 47-53).

Hartanto, D. (2012). Bimbingan & Konseling Menyontek: Mengungkap

Akar Masalah dan Solusinya. Jakarta: Indeks.

Mayasari, D. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecemasan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Negeri Pontianak. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1).

Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A metaanalytic and theoretical review of quintessential selfregulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94.

Piquero, A. R., Jennings, W. G., & Farrington, D. P. (2010). Self-control interventionsfor children under age 10 for improving self-control and delinquency and problem behaviors.Campbell Systematic Reviews 2010:2.

Muraven, M. (2010). Building Self-Control Leads to Improved Self-Control Performance. Journal Experimental Social Psychology 2010 March 1; 46 (2); 465-468.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v3i2.754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed By

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jbki@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289693650456

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6285310307312

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.