PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN KOMPETENSI KONSELOR PADA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING

Tri Mega Ralasari S

Abstract


Tujuan penelitian pembelajaran dengan metode jigsaw pada dasarnya adalah metode pembelajaran yang diarahkan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling dengan mendasarkan pada kompetensi guru meliputi aspek kepribadian, sosial, profesional, dan pedagogis. Namun, lebih menekankan pada standar kompetensi konselor yang menyatukan antara kompetensi akademik dan kompetensi profesional. Langkah-langkah dalam penelitian merujuk pada metode penelitian dan pengembangan berdasarkan metode jigsaw dengan modifikasi tahapan dan nilai-nilai yang pada umumnya bercirikan kerja  kelompok  untuk  belajar  dan  partisipasi  dalam kelompok, dengan kegiatan sebagai berikut:listening, speaking-student untuk lebih menguasai kompetensi, kerjasama setiap anggota, refleksi, dan berfikir kreatif.  Dari penelitian diperoleh hasil, pembelajaran jigsaw dengan kompetensi konselor dapat disampaikan pada mahasiswa Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling dengan memperhatikan aspek (1) memahami secara mendalam konseli yang dilayani, (2) menguasai landasan dan kerangka teoretik bimbingan dan konseling.


Keywords


Pembelajaran; Jig Saw; Kompetensi Konselor

Full Text:

PDF

References


Wibowo, Mungin Edy, 2005. Standardisasi Profesi Konseling. Semarang: Konvensi Nasional XIV dan Kongres Nasional X ABKIN.

Banun, Sri Haksasi dan Heru, Mugiarso (2015). Model Pengembangan Kompetensi Konselor Multikultural Berbasis Experient Learning Melalui Media Film Populer. Majalah Ilmiah Pawiyatan Vol: XXII, Nomor 3, Oktober 2015.

Restu, Setyoningtyas. (2014). Persepsi Guru BK tentang Kompetensi Konselor.

Masturoh. (2005). Pengaruh Pembelajaran Cooperatif Learning Dengan Model JigsawTerhadap Hasil Belajar Matematika. Tesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v2i2.257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed By



Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.