PENGEMBANGAN LAYANAN INFORMASI KARIER BERBASIS MEDIA BLOG UNTUK MENINGKATKAN EKSPLORASI KARIER SISWA DI SMP KOTA MAGELANG

Ari Murdiyanto, Edi Purwanta, Kamaruddin Kamaruddin

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan informasi karier berbasis media blog yang layak sebagai layanan untuk digunakan siswa di SMP Kota Magelang, dan (2) mengetahui efektifitas layanan informasi karier berbasis media blog untuk meningkatkan eksplorasi karier siswa di SMP Kota Magelang.Pendekatan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan penelitian mengacu pada prosedur Borg & Gall. Teknik sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Subjek penelitian yaitu, 28 siswa kelas VIII G di SMP Negeri 8 Magelang dan 21 siswa kelas VIII A di SMP Muhammadiyah Magelang. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar evaluasi uji ahli materi; lembar evaluasi uji ahli media, kelompok kecil, dan kelompok besar; serta skala eksplorasi karier. Analisis data uji coba skala eksplorasi karier dengan taraf signifikan 5% dengan subjek uji 31 responden diketahui logical validity 0.355 dan reliabilitas 0.960.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) informasi karier berbasis media blog layak menjadi layanan untuk digunakan siswa di SMP Kota Magelang dan (2) layanan informasi karier berbasis media blog layak untuk meningkatkan eksplorasi karier siswa SMP di Kota Magelang. Berdasarkan hasil uji normalitas pre test dan post test, nilai probabilitas pre test dan post test lebih besar dari taraf signifikan 5% (pre test 0.297 > 0.05 dan post test 0.361 > 0.05) maka data dikatakan berdistribusi normal, sedangkan hasil uji t diketahui taraf signifikan pre test dan post test lebih kecil dari taraf signifikan 5% (0.000 ≤ 0.05).

Keywords


Layanan Informasi Karier Berbasis Media Blog; Eksplorasi Karier

Full Text:

PDF

References


Purwanta, E. (2012). Faktor yang mempengaruhi eksplorasi karier siswa SLTP, Cakrawala Pendidikan, 2, 228-243.

Ting, S. R., Leung, Y. F., Stewart, K., et al. (2012). A preliminary study of career education in middle school. Journal of Career and Technical Education, 27 (2), 84-97.

O’Donogue, K. (2014). Career guidance in school and collages: A guide to best practice and commissioning careers guidance services. UK: Career Development Institute.

Prayitno dan Amti, E. (2008). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Anwar, M. K. (2016). Pengembangan buku kerja eksplorasi karier pada siswa sekolah menengah pertama ali maksum Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Skalais magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Moly, T. M. (2007). Career guidance through libraries in higher educational institution. Annals of Library and Information Studies, 54, 185-189.

Sweet, R. (2001). Career information, guidance and counseling services: Police perspectives. Australian Journal of Career Development, 10 (2), 1-11.

The Scottish Government. (2011). Career information, advice and guidance in Scotland: A framework for services redesign and improvement, March 2011. Edinburg: The Scottish Government.

Daniel, A. J. H. (2001). An exploration of middle and high school students’ perceptions of deviant behavior when using computers and the internet. Disertasi doktor, tidak diterbitkan, The Louisiana State University, Louisiana.

Miller, G. E. (2002). The effect of an internet based career exploration strategy on the abilities of students with emotional disturbance to find, organize, and communicate Information about career interest. Disertasi doktor, tidak diterbitkan, Johns Hopkins University, Maryland.

Shim, J. P., & Guo, C. (2009). Weblog technology for instruction, learning, and information delivery. Decision Sciences Journal of Innovative Education, 7 (1), 171-193.

Permendikbud. (2014). Peraturan Pemerintah RI Nomor 111, Tahun 2014, tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Permendikbud. (2014). Peraturan Pemerintah RI Nomor 64 Pasal 2, Tahun 2014, tentang Peminatan pada Pendidikan Menengah.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Education research an introduction. New York: Logman.

Parwoko, B. (2008). Organisasi dan manajemen bimbingan dan konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Sedofia, J. (2014). Informing the less informed: The information services of the school guidance programme. International Journal for Innovation Education and Research, 2 (4), 57-61.

Omeje, J. C., Eze, J. U., & Egeonu, D. C., (April-June 2016). Utilization of E-counseling in career information dissemination among undergraduaskala of Federal Universities in South East Nigeria. Sage Open, 2, 1-8.

Liu, L. (2008). Information content of blogs with firm specific news. Disertasi doktor, tidak diterbitkan, The University of Texas at Dallas, Dallas.

Stock, M. J. (2009). The school administrator’s guide to blogging: A new way to connect with the community. United State of America: Rowman & Littlefield Publishers, Inc.

Park, Y., Heo, G. M., & Lee, R. (2011). Blogging for informal learning: Analyzing bloggers’ using learning perspective. Educational Technology & Society, 14 (2), 149-160.

Andi, P. (2005). Presentasi multimedia dengan macromedia flash. Yogyakarta: Andi.

Chandra. (2007). Flash CS3 untuk orang awam. Palembang: Maxikom.

Blustein, D. L. (1997). A context rich perspective of career exploration across the life roles. The Career Development Quarterly, 45 (3), 260-274.

Faulkner, P. E., Steward, A., & Baggett, C. (2006). Middle school career exploration. The agricultural education magazine, 78 (5), 22-24.

Hellmann, J. E. (2014). Social and psychological factors related to the career exploration process of young adults. Skalais magister, tidak diterbitkan, University of Kentucky, Kentucky.

Greenhaus, J. H., & Callanan, G. A. (2006). Encyclopedia of career development. Thousand Oaks. California: Sage Publication, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v2i2.255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed By



Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.