IDENTIFIKASI KECEMASAN MATEMATIKA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Sri Hartatik, Fifi Khoirul Fitriyah

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi kecemasan matematika pada mahasiswa calon guru sekolah dasar. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expose facto. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan mengacu pada standar deviasi dalam menentukan level kecemasan matematika. Hasil penelitian pada 146 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), diketahui sebanyak 32 mahasiswa (22%) berada pada level kecemasan matematika tingkat tinggi, dan 21 mahasiswa (14%) termasuk dalam kecemasan matematika tingkat rendah. Saran utama dari penelitian ini kepada peneliti selanjutnya adalah penting dirumuskan solusi atas permasalahan kecemasan matematika pada mahasiswa PGSD, mengingat mahasiswa PGSD adalah calon guru yang juga akan mengajarkan mata pelajaran matematika kepada murid-murid SD, sehingga harus terhindar dari masalah kecemasan matematika.

Keywords


Kecemasan Matematika; Matematika; Guru; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Marpaung, Y. (2004). Reformasi Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar. Basis, No 7-8, 14-20.

Shadiq F. (2007). Apa Dan Mengapa Matematika Begitu Penting?. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Ormrod, J.E. (2004). Human Learning (4th Edition). Ohio : Pearson.

Jbeili, I.M.A. (2003). The Effect of Metacognitive Scaffolding & Cooperativelearning on Mathematics performance and Mathematical reasoningamong Fifth-grade students in Jordan. Unpublished doctoraldissertation. Penang : University of Science Malaysia.

Hembree, Ray. (1990). The Nature, Effects, and Relief of Mathematics Anxiety. Journal for Research in Mathematics Education, Vol. 21 No.1 (Jan 1990), pp. 33-46.

Scarpello, G. (2007). Helping students get past math anxiety. Techniques:Connecting Education and Careers. 82(6), 34-35.

Thomas, P., Higbee, J., (1999). Affective and cognitive factors related to mathematics achievement. Journal of Developmental Education, 23, 1, 8-16.

Sloan, T., Daane, C., Geisen, J., (2002). Mathematics anxiety and learningstyles: What is the relationship in elementary pre-service teachers? School Science and Mathematics, 84-87.

Vinson, B., (2001). A comparison of pre-service teachers mathematics anxiety before and after a methods class emphasizing manipulatives. Early Childhood Education Journal, 29, 2, 89-94.

Stoehr, Kathleen Jablon. (2017). Mathematics Anxiety One Size Does Not Fit All. Journal of Teacher Education, Vol 68, Issue 1, 2017.

Richardson, F. C., & Suinn, R. M. (1972). The Mathematics Anxiety Rating Scale: Psychometric data. Journal of Counseling Psychology, 19(6), 551-554. http://dx.doi.org/10.1037/h0033456.

Suinn RM., & Winston EH. 2003. The Mathematics Anxiety Rating Scale, a Brief Version: Psychometric Data. Psycho Rep, 2003 Feb 92 (1): 167-73 DOI: 10.2466/pr0.2003.92.1.167.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v2i2.253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed By



Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia

e-ISSN : 2477-5916

p-ISSN : 2477-8370

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.