PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 7 SINGKAWANG

Marice Marice, Iip Istirahayu, Slamat Fitriyadi

Abstract


Penelitian ini berdasarkan fenomena yang ada di SMP Negeri 7 Singkawang menunjukkan masih rendahnya empati siswa. Melalui bimbingan kelompok diharapkan empati siswa dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan empati siswa kelas VII C di SMP Negeri 7 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Singkawang. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 8 siswa di kelas VII C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok pada pertemuan pertama siswa kebanyakkan tidak menanggapi teman yang sedang menyampaikan pendapat. Hanya ada satu siswa yang mampu menunjukkan empatinya seperti menghargai teman yang sedang berbicara dengan cara merespon dan memberi tanggapan, siswa ini digolongkan dengan indikator empati. Pertemuan kedua ada enam siswa sudah mencakup indikator empati memikirkan, memahami, merasakan dan mengkomunikasikan seperti siswa aktif bertanya, berani mengemukakan pendapatnya dan mampu merespon tanggapan temannya. Pertemuan ketiga kali ini semua siswa sudah aktif berargumen dan bertanya tanpa ditunjuk oleh pemimpin kelompok. Hal ini menunjukkan bahwa indikator empati telah diwujudkan oleh setiap siswa. 


Keywords


Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok; Minat Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Septi, W, dkk. (2012). Upaya Meningkatkan Empati Dalam Berinteraksi Sosial Melalui Dinamika Kelompok Pendekatan Experiential Learning. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES.

Ade, Masturi. (2010). Membangun Relasi Sosial Melalui Komunikasi Empatik (perspektif Psikologi Komunikasi). Jurnal Dakwah dan Komunikasi Stain Purwokerto Vol. 4. No. 1 PP. 14. 31 ISSN : 1978 – 1261.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v2i1.249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed By

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jbki@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289693650456

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.