Peningkatan Self-Efficacy Pada Siswa Melalui Konseling Cognitive Behavioral

Sopiyah Sopiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan self efficacy siswa melalui konseling cognitie behavioral. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen subject tunggal (single subject experiment). Subjek penelitian dipilih menggunakan purposive sampling. Data dihitung dengan menggunakan penghitungan Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gain siswa pada level dengan scor 11, generalit y11, dan stenght 8.Saran yang dapat diberikan adalah, karena temuan penelitian digunakan dalam seting lebih sempit seingga temuannya tidak mampu untuk melakukan kesimpulan secara umum, sehingga penelitian selanjutnya dapat menggunakan seting kelompok agar mampu melakukan generalisasi penelitian.

Full Text:

PDF

References


Auliya, Risma Nurul. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperative tipe CRH( Course, Review, Hurray) terhadap kemampuan pemahaman matematis dan kecemasan siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.UPI.edu.

Bandura, Albert. (1997). Self-efficacy: the exercise of control. New York: Freeman.

Bandura, A. (1994). Self-efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), “Encyclopedia of human behavior”. (Vol. 4, pp. 71-81). New York: Academic Press. (Reprinted in H. Friedman [Ed.], Encyclopedia of mental health. San Diego: Academic Press, 1998).Beck AT. Thinking and depression: II theory and therapy. Arch Gen Psychiatry. 1964;10:561-71.

Hall, R. J. & Hughes, J. N. (1989). Cognitive behavioral approaches in the schools: A comprehensive handbook. New York: The Guilford press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v1i2.103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed By

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jbki@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289693650456

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.