Pengaruh Layanan Informasi Tentang Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014

Ledya Oktavia Liza, M. Arli Rusandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk ; 1) Untuk mengetahui gambaran perencanaan karir siswa sebelum diberikan layanan informasi tentang studi lanjut. 2) Untuk mengetahui gambaran perencanaan karir siswa sesudah diberikan layanan informasi tentang studi lanjut. 3) Untuk mengetahui perbedaan perencanaan karir siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi tentang studi lanjut. 4) Untuk mengetahui pengaruh layanan informasi tentang studi lanjut terhadap perencanaan karir siswa. Metode yang digunakan adalah metode Quasi experiment, dengan menggunakan One group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pekanbaru dan sampelnya adalah 50% dari populasi, dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data maka perencanaan karir siswa sebelum diberikan layanan informasi tentang studi lanjut sebagian besar berada pada kategori sedang, sedangkan sesudah diberikan layanan informasi tentang studi lanjut perencanaan karir siswa sebagian besar berada pada kategori sangat baik dan baik. Dari perhitungan uji-t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (20,9 > 1,960) maka hipotesis diterima, terdapat perbedaan yang signifikan antara perencanaan karir siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pekanbaru sebelum dan sesudah dilakukan layanan informasi tentang studi lanjut pada taraf kesalahan 5%. Berdasarkan hasil perhitungan koefisian korelasi dan koefisien determinan, maka kontribusi layanan informasi tentang studi lanjut terhadap perencanaan karir adalah sebesar 38% sedangkan 62% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain.

Full Text:

PDF

References


Zulfan Saam. 2009. Psikologi Keperawatan. UR Press. Pekanbaru.

Winkel, W. S, dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi. Yogyakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. (Online), http://www.kemenag.go.id/file/dokumen/PP1905.pdf (diakses 3 Desember 2013).

Prayitno. 2004. Seri Layanan Konseling. Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Padang. Padang.

Deni Novia Anggraeni. 2012. Peningkatan Perencanaan Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X-BB SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa Tahun Pelajaran 2011/2012. (Online), http://repository.library.uksw.edu/handle/123456789/1804 (diakses 17 Januari 2014).

Audita Christina Silaen. 2008. Hubungan Antara Pemanfaatan Layanan Bimbingan Karir dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas XII SMUN-4 Medan. (Online), http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23645/6/Cover.pdf (diakses 14 Januari 2014).

Ni Luh Arick Istriyanti dan Nicholas Simarmata. 2014. Hubungan antara Regulasi Diri dan Perencanaan Karir pada Remaja Putri Bali. (Online), http://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/8543 (diakses 25 Juni 2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v1i1.100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed By



Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.